Saturday, June 13, 2009

2 B dalam Public Speaking

Ceritanya kemarin sore saya diminta ngisi ni tentang menjadi public speaker yang baik. Yang jadi pesertanya adalah temen2 Tim Kerja Pengawas Koperasi "Kopma UGM" yang kalau saya nyebutnya mereka adalah bagian dari generasi penerus organisasi. Nah, kemarin tu saya cerita bahwa dua hal yang penting menurut saya terkait dengan public speaking adalah 2 B, apa itu? BACA dan BERANI. Yah ini kesimpulan saya aja, temen2 boleh berbeda pendapat tentang ini, kesimpulan ini juga saya dapet dari pengalaman saya selama ini...begitulah,he2.
kenapa BACA? karena dengan memBACA kita bisa nyimpen banyak source yang bisa kita gunakan sewaktu-waktu dalam keadaan apapun, jadi mau diminta ngomong tentang apapun, at least sedikit banyak di kepala kita ni ude ada bahannya, nah tinggal ngolah aja tu dikit, jadi deh buat bahan ngomong. SO untuk temen2 yang emang pengen jadi seorang public speaker yang baik, kudu rajin yang namannya BACA!!!bukankah ayat yang pertama diturunkan kepada nabi Muhammad adalah IQRO...?nah jadi udah makin lengkap tu dasar kita kenapa harus baca...
Tentang BACA ni, berarti yang dibaca kan tulisan, nah tulisan itu berarti bisa dari buku cetak (buku yang dicetak) atau baca tulisan kita sendiri yang mungkin merupakan ringkasan dari buku yang pernah kita baca atau bisa jadi juga merupakan tulisan dari pengalaman hidup kita, atau dari kejadian sehari-hari yang maybe berkesan buat kita. Atinya tu, memBACA akan kerasa lagi kalau di dalam memBACA juga udah ada unsur MENULISnya. Lho kok rumusnya ga BTB aja mas? ya itu terserah saya dong, hehehe,,,orang saya juga yang buat sendiri...kok anda protes?wakakaka..ya bukan gitu, kenapa rumusnya cuman 2B, ya biar mudah diinget aja kok...lagian kalau menurut saya pengertian "BACA" tu luas banget. ni ya, kalau mau dijabarin lagi..memBACA itu juga termasuk memBACA keadaan diri kita (intropeksi diri) memBACA keadaan orang lain (empati, tolerasnsi, peduli)...dan masih banyak lagi yang semuanya bisa dijadiin bahan buat kita menyampaikan sesuatu pada oran g lain, khususnya yang terkait dengan tema kita public speaking. MemBACA yang disertai MENULIS akan lebih kerasa lagi tu efeknya....
oke lanjut ya..yang kedua adalah BERANI...maksudnya ape ni sob? maksud ane ni BERANI :
1. Tampil
2. Malu
3. Gagal
4. Dikritik
5. Dicuekin
6. Tanya
7. Memodel dan memodifikasi orang lain
7.dan laen-laen, pokoke ngono lah (hehehe..lha banyak je..)
lho mangnya kenape koko kudu BERANI? ya iya lah..masak ya iya dong..udaeh BACA buk sebanyak apapun kalau kagak disuarain mane bise bro/sist kasih manfaat buat orang lain...iye kagak? iye lah setuju aja yak...(maksa ni, hahaha)
Udah yang penting apapun jadinya kalau udah dikasih kesempatan buat tampil, tampilin aja yang ente bisa. Ini penting karena kita kagak bakalan dapaet feedback kalau kita ga pernah mau nyobain dulu. Lho mas, tentang penguasaan panggung, pitch control, gesture, pandangam mata dan sebagainya piye? iye2 itu penting juga, tapi lebih baik kalau ngebahasnya entar-entar aja tu kalau udah beberapa kali kita udah bisa nunjukin keberanian kita tampil di muka umum....lha kalo belum BERANI tampil kok udah mikir yang ini itu..kapan tampilnya ? hehehe..tenang aja, saya juga udah praktekin yang ini. Perbaikan kualitas sya ngomong di depan umum tu baru didapet setelah beberapa kali tampil, entah itu dari yang saya rasain sendiri, dari komentar yang dengerin, dari konsep idealnya yang di bahas di buku2, ngeliatin caranya orang lain...kira2 dari sonolah akhirnya Alhamdulillah sekarang kalau saya yang ngrasain saya jadi lebih baik lagi dari sebelumnya....Wis pokoke BERANI TAMPIL dulu...tar kalau udah beberapa kali baru tuh mulai dikritisin apa yang perlu dibenahi dari tanggapan audience lah...dari buk lah..atau dengan meniru atau memodifikasi gaya orang lain(sah-sah saja kan...yang penting tujuannya baek begitu..)
Yupz, jadi begitu temen2 yang baru bisa saya bagi..kalau de kurangnya bisa kasih commnet ni di bawah ocre..CU next time..
NB: oiya, masih punya utang ngejelasin yang kemaren ya..hehehe..tenang..tenang...masih inget kok...:-)

No comments:

Post a Comment