Sunday, January 15, 2012

Dongeng 1

Alkisah di sebuah daerah terdapatlah sebuah kerajaan yang bernama kerajaan Susumanjaya. Kerajaan ini diperintah oleh seorang Raja yang sangat adil dan bijaksana. Rakyat begitu mencintai rajanya karena Sang Raja selain adil dan bijaksana adalah seorang pemimpin yang terkenal dekat dengan rakyatnya.

Namun hari itu suasana di daerah kerajaan Susumanjaya terlihat cukup lengang, rakyat berbondong-bondong datang ke kerajaan untuk mengikuti sayembara siapa yang bisa menyembuhkan sakit yang diderita oleh putra mahkota Raja yang terkena penyakit yang sangat aneh karena putra mahkota selalu lari ketakutan ketika melihat cicak, binatang kecil yang bahkan tanpa senjatapun bisa dimatikan.

Tabib demi tabib dipanggil, tapi belum ada juga yang berhasil menyembuhkan sang putra mahkota raja. Sang raja pun bermuram durja, karena bagaimanapun juga, putra mahkotalah yang akan menggantikannya kelak ketika sang Raja sudah pensiun, eh maksudnya purna tugas... lho, ketika sang Raja kelak meninggal. Namun dengan keadaannya saat ini , tentu menjadi sebuah hal yang mengkhawatirkan sang Raja, terutama jika musuh kerajaan mengetahui.

Sampai hari menjelang malam, belum ada satupun tabib yang bisa menyembuhkannya. Sampai akhirnya, datanglah seorang anak remaja yang mencoba peruntungan untuk juga membantu putra mahkota. Awalnya niat baik pemuda ini ditolak oleh pengawal kerajaan karena dianggap tidak mampu, namun akhirnya setelah disampaikan kepada sang raja, sang Raja pun akhirnya mengizinkan.

Tak berapa lama, selang beberapa menit, keluarlah anak sang raja sambil membawa cicak di tangannya dan akhirnya rakyat pun bersuka cita karena putra mahkota kerajaan telah sembuh dari sakitnya.

Tak ayal perubahan yang begitu cepat ini membuat para prajurit, rakyat, termasuk Sang Raja menjadi terheran-heran. Apa yang telah dilakukan oleh sang pemuda ini sehingga dia bisa sembuh dengan cepat. Sebelum pemuda menjawab, putra mahkota sudah menyampaikannya dengan begitu jelas, "wahai rakyatku, apakah engkau sungguh2 ingin tahu bagaimana caranya"?, tanya putra mahkota. "Tentu wahai baginda, mohon sampaikan kepada kami", jawab rakyat. "Baiklah, akan kusampaikan, tapi ada satu janji yang harus kalian jalani yaitu lakukan dengan serius dan bantulah orang lain dengan cara ini"...

Bagaimana caranya? ikuti selanjutnya....

No comments:

Post a Comment