Wednesday, January 11, 2012

Memaknai Pagi

Tuhan Maha Agung, Dia ciptakan semua hal yang ada di dunia ini sebagai sebuah bentuk pelajaran bagi hamba-hambaNya yang mau memahaminya, termasuk mengenai waktu. Ya, waktu yang terus menerus berputar tak berhenti, pagi-siang-malam-pagi-siang-malam dan seterusnya.

Kalau kita mau cermat, perputaran waktu ini bisa juga menggambarkan siklus hidup kita di dunia. Ada masa muda-masa dewasa-masa tua. Masa muda identik dengan pagi, masa dewasa identik dengan siang, masa tua identik dengan malam. Masa muda yang sepertinya penuh dengan kebahagiaan, kebebasan, penuh kesegaran. Masa dewasa yang seolah identik dengan kerja keras, kerja siang malam. Kemudian masa tua yang seolah menggambarkan kondisi yang santai, ongkang-ongkang, rileks, menunggu purna tugas di dunia.

Tapi benarkah sesederhana itu? Mungkin ada benarnya, tapi bisa jadi juga tidak demikian adanya. Bagi sebagian besar orang mungkin seperti itu, tapi barangkali ada juga yang tidak demikian.

Well, untuk saya, waktu adalah waktu yang memang sudah seharusnya begitu. Bagi saya pagi adalah awal kehidupan. "Morning" begitu orang barat menyebutnya dan saya memaknai "morning" adalah sebagai "more learning" sebuah awal untuk memulai pembelajaran yang semakin baik. Pagi sebagai sebuah awal kehidupan baru, saat terbangun dan sadari nafas yang terhembus yang itu artinya kita masih dihidupkan kembali oleh Sang Maha Hidup. Pagi yang suasananya cenderung tenang, hening, udara yang begitu segar, seolah memberikan kesempatan kepada kita untuk sejenak terdiam, bersyukur, menyerap energi baru semesta dan sadar betul bahwa ada tugas yang masih diembankanNya pada diri kita.

Saya juga berpikir bagaimana seharusnya kita juga mengambil filosofi pagi yang identik dengan segar, tenang, penuh semangat dan menerapkannya pada setiap aktivitas hidup yang kita jalani sehari-hari. Ya, life with Passion.... hidup dengan kesadaran dan betul-betul menikmatinya. Ada "pagi" dalam siang, ada "pagi" dalam sore, ada "pagi " dalam malam. Ah terserah apapun makan pagi yang kalian miliki.... dan mari kita nikmati hidup ini dengan penuh kesadaran, tentang sebuah makna yang begitu luas di dalamnya. Enjoy Your Life!!


#ups, saya ga tahu juga sebeneernya nulis apa barusan, hehehe.... inilah wujud komitmen saya untuk menulis danterus menulis SETIAP HARI :)

No comments:

Post a Comment