Thursday, February 9, 2023

Delapan Akun Kehidupan

Saat Anda sampai pada bagian ini, mungkin Anda bertanya, 'kok tiba-tiba membahas delapan akun kehidupan? Apa hubungannya dengan bagian sebelumnya?'. Baik mari kita lanjutkan pembahasannya.

Bagi Anda yang sudah mengerjakan lembar kerja yang ada di halaman-halaman sebelumnya, bagian ini akan mempermudah pemahaman Anda tentang bagaimana agar lebih seimbang dalam menjalani peran-peran yang Ada. Sebelum masuk pada detil delapan akun kehidupan ini, ringkasnya kita bisa membagi akun-akun kehidupan ini menjadi tiga bagian yaitu lingkar diri, lingkar relasi dan lingkar profesi.

Lingkar diri terkait dengan kebutuhan untuk diri kita sendiri sebagai bekal menjalani seluruh peran yang lain. Mudahnya sebut saja dengan kebutuhan akan nutrisi fisik, nutrisi pikir dan nutrisi hati. Maka pada aspek lingkar diri ini, terdiri atas akun spiritual (nutrisi hati), akun pengembangan diri (nutrisi pikir) dan akun kesehatan (nutrisi fisik).

Lingkar relasi terkait hubungan kita dengan orang lain yang berada di sekitar kita, baik keluarga, masyarakat maupun seberapa banyak kemanfaatan yang bisa kita berikan. Maka pada aspek lingkar relasi ini, terdiri atas akun keluarga, akun sosial dan akun kontribusi.

Adapun lingkar profesi terkait dengan aktivitas Anda dalam mencari nafkah dan indikator finansial. Maka lingkar profesi ini terdiri atas dua akun yaitu akun karir/ bisnis dan akun finansial.

Jadi secara lengkapnya, delapan akun kehidupan yang perlu Anda cermati agar lebih mudah dalam menyeimbangkan peran-peran yang Anda jalani yaitu sebagai berikut : 
  1. Akun spiritual ~ bagaimana kualitas interaksi saya dengan Tuhan hingga saat ini?
  2. Akun pengembangan diri ~ berapa buku/ artikel/ tayangan bermanfaat yang saya akses dalam seminggu/ sebulan ini? Berapa pelatihan yang telah saya ikuti untuk meningkatkan kemampuan saya?
  3. Akun kesehatan ~ bagaimana dengan kualitas kesehatan saya? Berapa kali olahraga dalam seminggu? Bagaimana jam tidur saya? Cukupkah minum air putih dan makan bergizi?
  4. Akun keluarga ~ bagaimana relasi saya dengan pasangan saya? dengan anak-anak? Dengan orang tua? Berapa banyak waktu untuk bermain dan mendengarkan mereka?
  5. Akun sosial ~ Bagaimana relasi saya dengan tetangga saya? dengan komunitas saya?
  6. Akun kontribusi ~ Kontribusi apa saja yang telah Anda berikan kepada masyarakat?
  7. Akun karir/ bisnis ~ Apa saja pencapaian Anda tahun ini? Nilai tambah apa yang telah berhasil Anda berikan pada perusahaan/ klien Anda?
  8. Akun finansial ~ Berapa total penghasilan Anda tahun ini? Apa saja tambahan aset yang Anda dapatkan?
Penamaan akun-akun di atas tidaklah harus sama. Anda boleh menamai sesuai dengan keinginan Anda. Bahasan delapan akun kehidupan ini prinsipnya saling melengkapi dengan pembahasan pembahasan sebelumnya. Anda boleh menggabungkannya untuk melengkapi rumusan purpose of life yang akan di bahas di bagian selanjutnya. 


Salam
Bayu Satriyo Wicaksono

No comments:

Post a Comment