Wednesday, February 8, 2023

Ternyata Peranku tak Hanya Satu

Salah satu bentuk kesadaran yang perlu dimiliki yaitu kesadaran akan peran-peran yang saat ini kita jalani dalam hidup ini. Peran yang masih melekat dan masih berlangsung hingga saat ini. Mungkinkah peran kita hanya satu saja? Tentu tidak bukan? Ada banyak sekali peran yang kita miliki. 

Contohnya, peran sebagai hamba Allah, peran sebagai suami, sebagai istri, sebagai anak, sebagai cucu, sebagai kakak, sebagai adek, sebagai ayah, sebagai ibu, sebagai anggota masyarakat, sebagai seorang profesional di tempat kerjanya, sebagai anggota jamaah pengajian dan masih banyak lagi. Berbeda orang, akan berbeda pula peran peran yang dijalaninya. Nah, sebelum lanjut, yuk kita tuliskan dulu beberapa peran yang saat ini sedang dijalani.

Lha kok perlu ditulis? Iya, karena salah satu cara mudah untuk membuat kita lebih menyadari apa yang terjadi termasuk apa yang sedang dijalanni yaitu dengan mengeluarkannya dari pikiran kita melalui tulisan kita. 

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10. 


Bagaimana, sudah selesai? Apakah ada yang lebih dari sepuluh? Atau kurang dari sepuluh? Yang jelas lebih dari satu kan? 

Pertanyaan selanjutnya, sudahkah kita memiliki proporsi waktu yang tepat untuk setiap peran yang sudah dituliskan di atas? Jika belum kira -kira apa ya penyebabnya? Boleh direnungkan sejenak, sebelum membaca bagian berikutnya.

1 comment:

  1. Terimakasih kak, nemu tulisan di blog ini jadi semangat hidup.. Tadinya sudah tidak menemukan harapan hidup setelah gagal menjalani peran kehidupan

    ReplyDelete