Monday, December 9, 2013

Dahlia (memang) Indah (1)

Apa yang ada di benak teman-temann saat mendengar kata "dahlia"? Yup, benar sekali, Dahlia adalah salah satu nama bunga yang ada di Indonesia. Namun kali ini kita tidak akan membahas tentang bunga Dahlia atau bahkan iis dahlia, hahaha... tapi kita akan membahas nama sebuah bus jurusan Yogya Purworejo yang bernama "Dahlia Indah".

Cerita bermula saat saya dan istri pulang ke Purworejo dengan menggunakan bus. Setelah sampai di tempat pemberhentian bus, kami naik bus yang bernama Dahlia Indah. Setelah masuk, satu-satunya tempat duduk yang kosong adalah bagian belakang bus. Agak heran di bagian belakang itu seperti digunakan untuk "rumah berjalan". Bagaimana bisa? karena di sana ada kasur, ada tumpukan pakaian, peralatan mandi, dll.

Begitu kami duduk, di samping kami ada seorang anak kecil yang tertidur sendirian. Saya pun bertanya-tanya, anaknya siapa ini yang ditinggal di bis? Mana emaknya? Batin saya. Saat saya duduk di sampingnya, anak itu menangis. Apa karena wajah saya terlalu bersinar ya?hueueheehehe.. tapi sepertinya bukan begitu.

Belum habis rasa penasaran saya, tiba-tiba datanglah sang kondektur, kondekturnya ini bukan laki-laki seperti kebanyakan kondektur. Melainkan ibu-ibu, usianya sekitar 30-an tahun, bertubuh gemuk. Beliau menghampiri kami dan meminta kami bergeser sedikit, ternyata beliaulah ibu si adek kecil ini.

Saya perhatikan betul bagaiman ibu ini berkomunikasi dengan anaknya. Begitu perhatian, seperti halnya ibu-ibu yang lain. Tidak ada kata-kata kasar, yang ada adalah panggilan "sayang " kepada anaknya ini. Sambil ibu ini menyuapi anaknya, saya pun berbincang dengan ibu ini. Ternyata beliau dan anaknya memang tinggal di bus itu. Asal beliau dari Jawa Timur, sang anak diajak di bus karena sang anak tidak mau tinggal bersama kakek neneknya dan lebih senang tinggal bersama dengan ibunya.

Ada sebuah hal menarik yang kemudian menjadi sebuah pelajaran berharga tentang ibu dan anaknya tadi. Selain juga sebuah perbincangan menarik dengan sosok penumpang lain yang ada di bus Dahlia Indah ini.
Kita lanjutkan ke seri berikutnya.... :)

No comments:

Post a Comment