Friday, December 6, 2013

Nelson Mandela (Semoga Khusnul Khatimah)



Satu lagi tokoh perdamaian dunia, Nelson Mandela, menghembuskan nafasnya yang terakhir. Ya, beliau meninggal dunia dalam usia 95 tahun karena infeksi paru-paru. Lahir tanggal 18 Juli 1918, sosok ini dikenal sebagai pejuang kemanusiaan dalam menentang politik apartheid di Afrika Selatan. Pernah dipenjara selama 27 tahun sebagai konsekuensi dari perjuangan yang dilakukannya. 

Nelson mandela adalah tokoh besar. Meninggalnya beliau tentu menjadi kehilangan besar bagi dunia. Saya yakin bahwa begitu banyak orang yang terinspirasi oleh perjuangan beliau. Perjuangan yang tidak mudah, mengorbankan begitu banyak hal dalam kehidupan beliau. Mengalami penindasan, tekanan publik, dipenjara, bercerai dengan isteri tercinta, adalah beberapa rangkaian peristiwa yang harus beliau alami semasa hidupnya. 

Sebuah kalimat bijak mengatakan, "kualitasmu saat engkau hidup di dunia, salah satunya bisa kau ketahui dari apa yang orang katakan saat engkau meninggal dunia". Dan Nelson Mandela menjadi salah satu diantaranya. Mari simak beberapa komentar tokoh dunia setelah meninggalnya beliau.

PM Australia, Tony Abott mengatakan, "Nelson Mandela adalah salah satu tokoh besar Afrika, bisa dibilang salah satu tokoh besar dari abad terakhir, " Masih menurut Abott, "Dia adalah seorang pria yang benar-benar hebat. Selamanya akan dikenang sebagai lebih dari seorang pemimpin politik, dia adalah seorang pemimpin moral,".

PM Inggris, David Cameron mengatakan, "Nelson Mandela adalah sebuah legenda dalam hidup dan kini dalam kematian, sosok pahlawan pahlawan global sejati, sebuah cahaya besar telah pergi meninggalkan dunia,"

Simak juga apa yang dikatakan presiden Obama dalam pidatonya, "Mandela adalah sosok yang berjuang untuk bangsanya, membawa perubahan untuk Afrika Selatan. Dia juga membawa perubahan untuk kita semua,"

Itu baru beberapa komentar dari beberapa pemimpin besar dunia. Saya yakin selain 3 orang tersebut di atas pun, masih banyak lagi komentar positif yang lainnya. 

Ah, barangkali kita bertanya, "Lho.. itu kan komentar orang di luar kehidupan pribadi Nelson Mandela, bisa saja mereka salah". Ternyata tidak juga, komentar dari Putri beliau, Makaziwe Mandela, bisa memberikan gambaran lebih, bahwa Mandela juga menjadi sosok panutan di keluarganya.

"Setiap momen, setiap menit dengan Tata selalu membuat saya kagum dan ada beberapa saat ketika saya harus mencubit diri saya sendiri bahwa saya anak dari seorang pria yang kuat, seorang pejuang," 

Hmm, semoga apa yang dilakukan Nelson Mandela bisa memberikan inspirasi kepada kita. Tentu tidak harus sama dengan Nelson Mandela. Namun paling tidak, keinginannya untuk menjadi sosok yang bermanfaat bisa menjadikan kita untuk melakukan hgal yang sama. Selalu termotivasi untuk membenahi diri, belajar, menjadi penebar kemanfaatan bagi sesama dan berharap bahwa saat kita meninggal nantinya, kita akan dikenal sebagai sosok yang mendapat testimoni positif dari lingkungan sekitar kita.

Semoga khusnul khatimah, Nelson Mandela.....

No comments:

Post a Comment