Sunday, April 7, 2013

Kisah Pencari Mutiara

Pada suatu hari tersebutlah ada dua orang yang sedang menyusuri sebuah pantai di Kepulauan Susumanjaya. Mereka tampak sibuk menyiapkan keperluan mereka untuk menyelam hari itu. Satu buah kapal dan seperangkat peralatan menyelam dan peralatan lain tampak sudah tertata rapi. Tak berapa lama kemudian berangkatlah dua orang tersebut ke tengah lautan yang tenang itu untuk menyelam. Tujuan mereka hari itu adalah menemukan mutiara untuk mereka bawa pulang dan dijual.

Orang pertama dia menyelam terlebih dahulu. Dia menyelam hingga hampir mencapai dasar laut. Setelah berenang beberapa saat, berputar mencari, akhirnya ditemukanlah sebuah benda kecil berbentuk bulat yang tampak berkilauan. Melihatnya, orang pertama ini akhirnya mendekati dan mengambil benda kecil tersebut.
"Ah... akhirnya kutemukan juga mutiaranya" gumamnya sambil berenang kembali ke atas dengan menggenggam erat benda kecil tersebut.

Tak berapa lama kemudian, muncullah orang pertama di dekat perahunya. Demi melihat temannya sudah muncul. Orang kedua ini pun akhirnya juga ikut menceburkan dirinya ke laut yang tenang tersebut. Sementara temannya mulai menyelam, orang pertama ini memutuskan untuk duduk-duduk saja di perahu sambil bersantai. Begitu sampai di perahu, dia buka genggaman tanggannya dan betapa terkejutnya orang pertama ini. Benda kecil bulat yang berkilauan tadi ternyata hanyalah sebuah kelereng kecil yang karena pengaruh kedalaman laut menjadi tampak bercahaya. Melihat hal tersebut, orang pertama ini begitu kecewa. Dia tidak menyangka, apa yang dia dapatkan ternyata bukan apa yang sebenarnya dia cari yaitu mutiara.Akhirnya dilemparkanlah kelereng itu ke dalam lautan.

Sementara orang kedua ini, dengan pengetahuan yang dimilikinya terus menyelam masuk ke dalam laut. Orang kedua ini paham bahwa untuk menemukan mutiara adalah dengan menemukan tiramnya terlebih dahulu. Tidaklah mungkin sebuah mutiara terlepas dan berada di luar tiramnya. Perlu waktu yang cukup lama untuk menemukan tiram yang menyimpan mutiara ini. Salah satu penyebabnya adalah tiram ini kalau dilihat dari luar memang tidak memiliki warna yang mencolok. Namun ketika ditemukan dan dibuka, maka di dalam tiram itulah mutiaranya.

Setelah beberapa waktu berputar-putar di area selamnya, akhirnya ditemukanlah tiram tersebut. Begitu menemukannya, akhirnya dibawalah tiram itu naik ke atas perahu. Sampai di atas perahu, dilihatnya sahabatnya sedang menyesali kecerobohannya. Benda yang dikira mutiara ternyata hanya kelereng biasa. Demi melihat sahabatnya kecewa, ditunjukkanlah tiram yang dibawanya kepada sahabatnya (orang pertama tadi). Melihat rupa tiram yang tak menarik itu, berkatalah orang pertama "Apa itu, sungguh tidak menarik sekali dilihat".

Mendengar pertanyaan orang pertama ini, orang kedua ini hanya tersenyum, kemudian menjelaskan, "sahabatku, sekilas benda ini memang tak menarik jika dilihat dari luar. Tapi mari kita lihat apa yang ada di dalam benda ini" demikian kata orang pertama sambil membuka tiramnya perlahan-lahan. Betapa terkejutnya orang pertama begitu melihat apa yang ada di dalam tiram tersebut. Ternyata didalam tiram tersebut ada benda yang selama ini mereka cari-cari yaitu mutiara yang begitu indah dan berkilau.


No comments:

Post a Comment