Thursday, August 22, 2013

Karena Kita Saling Melengkapi

Saat perjalanan ke Solo naik kereta api Prameks....


Untuk memasuki stasiun, penumpang harus membeli tiket. Untuk membeli tiket harus mengeluarkan resources berupa money. Untuk mendapatkan tiket harus mengantri dan minta bantuan mbak atau mas yang bertugas untuk memberikan pelayanan. Apabila kita membawa kendaraan baik motor atau mobil, harus minta tolong kepada para petugas parkir untuk menjaga kendaraan yang dibawanya. Saat sudah masuk ke stasiun, masih memerlukan bantuan dari bapak petugas stasiun untuk menanyakan di jalur mana kereta yang akan dinaiki. 

Saat sudah sampai di dalam, sambil duduk menunggu kereta, memerlukan bantuan para penjaja koran atau makanan untuk sekedar mengganjal perut. Saat sudah berada di dalam kereta api, masih meminta informasi kepada penumpang lain di samping kiri atau kanannnya, menanyakan sudah sampai atau belum. Daan... nanti barangkali saat sudah sampai di stasiun, masih akan minta bantuan informasi taksi, penginapan, toilet, musholla, dll.

Akh.. itu baru sebagian kecil dari sekian banyak hal dimana kita membutuhkan bantuan orang lain. Belum lagi urusan di luar kereta api. Saya pikir masih banyak hal yang kita akan memerlukan keberadaan orang lain di dalamnya. 

Karena kita diciptakan memang tidak sendiri. Adanya orang lain adalah untuk saling melengkapi satu sama lain. Adanya beragam profesi adalah untuk saling melengkapi. Adanya pria wanita adalah untuk saling melengkapi. Adanya suami istri adalah untuk saling melengkapi. 

Adanya "orang jahat", adalah agar terlihat mana yang disebut sebagai "orang baik". Adanya koruptor, adalah agar menjadi tampak mana yang disebut orang jujur. Adanya "orang miskin", adalah agar ada yang mendapat gelar sebagai "orang kaya". Maka, alih-alih menyalahkan, menghujat keadaan "buruk" apapun yang ada pada orang lain, alangkah baiknya kita berfokus untuk terus mengevaluasi diri kita sendiri.

Karena keberadaan kita adalah dalam rangka dijadikan media olehNya agar orang lain bisa menebarkan manfaat. Karena keberadaan orang lain adalah media yang diberikanNya agar kita juga bisa menjadi khairunnas anfauhum linnas. Mari saling menghormati... mari saling menyayangi... karena kita akan selalu saling melengkapi.

No comments:

Post a Comment