Saturday, August 10, 2013

Saat Pisang Goreng dan Sambal Terasi Berpadu

Haloo sahabat semua...
Jumpa lagi dengan saya Chef Bayu, kali ini kita akan membahas salah satu menu baru yang patut Anda coba. Oke, langsung saja ya. Pertama siapkan pisang kepok (di tempat saya istilahnya itu) hehe.... Ingat untuk buka kulitnya ya, soalnya kalau nanti digoreng sama kulitnya sudah pasti ngga enak. Kemudian siapkan tepung yang sudah ditambahkan sedikit gula. Langkah selanjutnya? Tentu saja goreng pisangnya laah, huehehe..

Pisang goreng sudah siap. Biasanya pisang goreng saja ditemani secangkir teh sudah mantep. Kali ini bagaimana kalau dipadu dengan sambal terasi? Penasaran rasanya? Eh..sebentar, sebelum masuk ke rasanya bagaimana, barangkali ada yang bertanya, gimana caranya buat sambal terasinya?

yak caranya mudah sekali. Tinggal campurkan terasi dan cabe secukupnya, boleh tambahkan gula jawa sedikit. Haluskan dengan alat penghalusnya (sebut saja cobek atau munthu+leyeh, wkwkwk). Jadi sekarang sudah siap keduanya, pisang goreng dan sambal terasi.

Lalu rasanya gimana brur? Rasanya dijamin enak (menurut saya). Pisang goreng itu kan manis ya. Kalau jenis pisang kepok ini, saat digoreng tidak hanya rasa manis saja yang muncul, tapi juga ada sedikit gurihnya. Terutama untuk pisang kepok yang belum terlalu matang. Balutan tepungnya akan menambah kenikmatan si pisang goreng ini. Apalagi jika dimakan di kala masih panas habis diambil dari penggorengan, wuiih dijamin lidah Anda akan kepanasan, huehehe... Jadi makanlah saat kondisi panasnya sudah agak turun, eemm... nyummi banget deh di mulut.

Itu tadi baru rasa pisang gorengnya. Trus gimana rasa sambal terasinya? Begini, terasi itu kan baunya khas ya. Termasuk salah satu yang mengundang selera makan, apalagi sama nasi putih panas. Wuiih... sadapnya booo... bikin ketagihan ga mau berhenti. Kok bisa? Iya laah... rasanya dimulut itu seolah-olah gini, sang cabe menari-nari riang bersama sang terasi, mereka menyanyikan lagu berjudul "gurih, asin dan pedas". Tak lama menyusullah sang nasi melengkapi mereka menari dan bernyanyi. Hahahaa... intinya adalah enaaaak bin mantap jaya...

So? bagaimana rasanya Pisang goreng dicelupin ke sambal terasi? Rasanya ya gitu deh, dicoba sendiri saja yaa... :P

#Karena setiap orang memiliki persepsi masing-masing. Enak menurut saya belum tentu enak menurut orang lain. Tidak enak menurut saya bisa jadi enak menurut orang lain. Tidak perlu diperdebatkan memang, karena setiap orang memiliki "map" yang berbeda-beda. Kuncinya adalah bagaimana merespek satu dengan yang lain.

(+) Ji... tumben lu nulis artikel agak gaul plus rada aneh
(-) Huehehe.. pertama, gaul dan rada aneh itu kan menurut ente Jii... Kedua, apapun tulisannya, munculnya kan di blog ane sendiri nih, itung2 biar istiqomah nulisnya
(+) Hahaha... baiklah Ji.. suka-suka lo deh..
(-) Siip... ji... nuhun yak

No comments:

Post a Comment