Saturday, March 30, 2013

Sehari Menjadi "Ibu Rumah Tangga"


Wanita menurut saya adalah sosok yang patut untuk sangat dihormati dan dihargai oleh kita. Bukan apa-apa, semenjak kecil, itulah yang diajarkan oleh Ibu saya yang tentu saja beliau juga seorang wanita. Beliaulah numbero uno, sosok wanita yang sangat saya sayangi di dunia ini (selain istri saya kelak, hehe...).

Nah, itu sedikit pembukaannya saja. Selanjutnya, saya hanya ingin cerita sebuah pengalaman berharga yang saya dapatkan saat kurang lebih seminggu yang lalu saya berada di rumah saya di daerah Purworejo. Pada saat itu saya pulang ke rumah dalam keadaan yang kurang fit. Kemudian memang benar adanya bahwa begitu saya sampai rumah sampai hampir 5 hari kemudian, saya terpaksa harus bed rest di rumah, terkena komplikasi (matuk, milek, mumet, muntah, manas, megel, mules, dll).

Selama itu siapa yang ngerawat? Oh ya pastinya Allah, melalui perantara Ibu saya yang sungguh penyayang. Beliau rawat saya dengan sepenuh hati dan karena ikut mikirin juga kali ya, pada hari kelima itu akhirnya gantian ibu saya yang drop (tepatnya malam hari ke 5). Dimana saat itu saya panik bukan main karena pas malam itu ibu saya sama sekali tidak bisa bangun untuk berjalan, lemas sekali, dengan kondisi tubuh beliau yang panas ditambah sisa sakit batuk beliau yang sebelumnya belum sembuh juga. Malam itu juga akhirnya diperiksakan (diundang) bidan desa setempat dan sempet dikasih aba-aba kalau paginya harus mondok kalau masih belum bagus kondisinya. Waaah... makin tegang nih pikiran saya saat itu. Bu Bidan menyarankan ibu saya harus makan bubur mulai malam itu. Weittt... mikir lagi, malam-malam gini mana yang jualan bubur yak, mau buat belum bisa juga....

Akhirnya saya ambillah nasi, saya campur air sedikit lalu saya "uleg" (kaya buat sambel gitu deh) agar teksturnya lebih lembut. Mulai nih berperan jadi perawat seperti yang ibu saya lakukan selama saya sakit. Dari mulai nyiapin makanan, ngambilin minum, mijitin dan lain sebagainya. Alhamdulillaah... malam itu beliau sudah mulai ada asupan energi dan Alhamdulillaah (lagi) paginya sudah mulai bisa beraktivitas lagi walaupun belum fit keadaan beliau.

Peran saya masih lanjut, sambil batuk-batuk (akhirnya ngerasain juga seperti yang ibu saya rasakan, kondisi kurang fit tapi harus merawat orang sakit - saya-red-lima hari pula). Pagi-pagi itu akhirnya saya yang ngegantiin beberapa (baru beberapa lhoh) aktivitas rutin ibu saya di rumah. Mulai dari masak air, masak nasi,     ngeganti minuman ayam, kasih makan kucing, kasih makan ayam, jemur pakaian (sebelumnya udah dicuci ibu), belanja sayur dan lauk di pasar (belii lhoo, ga masak), sambil terus memastikan kondisi beliau sudah semakin baik.

"Gimana rasanya broo?" tanya diri saya saat itu sambil saya terus beraktivitas.
"Rasanya gimana maksud ente?" tanya saya lagi.
"Capek ga seharian ini tadi?" tanya dia lagi
"Waah.. kagak perasaan kau tanya seperti ini, jelaslaah... kondisiku kan juga lagi kurang fit, terus kudu ngerjain semua ini tadi, capek lah broo" tukas saya sambil menyeka keringat dingin yang terus keluar dari tubuh saya.
"Hahaha.... mangkanya, jadi ngerti kan gimana coba kalau jadi ibu. Kondisi beliau kemarin juga sama kaya ente kan? Tapi sebelum beliau bener-bener drop, bahkan beliau bisa lakukan lebih dari apa yang udah ente lakukan sehari ini. Tapii... pernahkah sedikitpun beliau ngeluh capek sama ente? Engga sama sekali kaan?" diri saya itu terus memberikan penjelasan
"Iya juga ya bro.." saya menimpali
"Nah itu dia, ini aja mending, ente udah gedhe, bisa bantu-bantu. Kebayang ga pas ente dulu kecil, sama adek ente, sama-sama sakit, bigimane rempongnya ente punya ibu. Belum lagi kalau salah satunya rewell.. hadeeeh..."lanjut diri saya itu sambil naruh tangan di jidat (capeeek deh...huehehe..)

Aah... masya Allaah...
Saya makin punya alasan untuk lebiiih hormat dengan sosok ibu saya ini dan siapapun wanita yang mereka begitu cinta dengan keluarganya, mengelola keluarga dengan perasaan cinta, kasih dan ketulusan. Menjadi manifestasi Tuhan dalam kehidupan nyata. Dia yang selalu dekat dengan hamba-Nya, Dia Yang Maha Rahmaan.. Maha Rahiim... yang kan selalu ada kapanpun di manapun kita berada.

Ya Allah... terima kasih... dengan ijinMu hamba bisa belajar makna mencintai dari sosok ibu saya. Betapa besar arti ketulusan dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Dan jadikan diri ini untuk terus sadar bahwa semua yang hamba telah dapatkan selama ini, semua tak pernah lepas dari cintaMu, dari kasihMu, dari kemurahanMu. Ampunkan hamba atas segala kekhilafan, hamba yang masih sering lupa bersyukur atas semua nikmat dan karuniaMu.....

No comments:

Post a Comment