Wednesday, January 1, 2014

Botol dan Galon Kehidupan

Setiap manusia diciptakan di dunia ini dengan sebuah tujuan. Tujuan yang seperti apa? Secara pasti barangkali kita belum bisa menemukannya. Kita bisa melihatnya dari firman-firmanNya dalam kitab suci seperti " Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk menyembahKu". Atau juga dalam firman yang lain "Tuhanku, sungguh tidak Kau ciptakan segala sesuatu dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka hindarkanlah kami dari siksa api neraka".


Kalau manusia diciptakan dengan sebuah maksud, maka Tuhan tentu tidak akan membiarkannya hidup tanpa dibekali apapun. Oleh karenanya kita diberikan banyak potensi. Mulai dari potensi fisik, potensi pikir, juga potensi hati. Semuanya ada agar kita gunakan sebaik mungkin untuk menyelesaikan amanah yang telah diberikanNya dalam hidup ini.

Berarti manusia bisa jadi akan memiliki banyak peran dalam hidup ini? Tentu saja. Ada begitu banyak peran yang melekat dalam diri seorang manusia. Ambil contoh , seorang siswa SMA. Apa saja perannya dalam hidup? Pertama sebagai siswa, kedua sebagai anak, kemudian sebagai seorang laki-laki atai perempuan, lalu sebagai kakak atau adik dan masih banyak lagi peran yang lain. Lalu bagaimana agar semua peran ini bisa terjalani dengan baik?

Umpakan kita memiliki sebuah botol berukuran 600 ml berisi air separuhnya. Kemudian ada seseorang yang meminta kita air sebanyak 1 botol penuh. Apakah kita bisa memberikannya? Kecuali kita memiliki persediaan air yang lebih besar lagi dalam sebuah galon. Maka permintaan orang tersebut pastinya bisa kita penuhi bukan?

Sama seperti diri kita. Umpamakan bahwa diri kita sesungguhnya adalah galon yang berisi air tersebut. Dan botol-botol ukuran 600 ml itu adalah peran-peran yang harus kita jalani dalam hidup ini. Maka syarat agar banyak orang yang mendapatkan manfaat adalah ketika kita memiliki persediaan air yang cukup dalam galon tersebut. Itu artinya kita harus 'belanja' begitu banyak pengetahuan, ilmu baru, pengalaman baru, hikmah baru, dana apapun itu yang bisa kita gunakan untuk mengisi 'galon kehidupan' kita. 

Keep learning guys!!

No comments:

Post a Comment