Wednesday, January 1, 2014

Renungan Akhir Tahun

Tak terasa satu tahun hampir berlalu dari tanggal 1 januari 2013. Beberapa detik menjelang pergantian tahun, beberapa saat menjelang munculnya begitu banyak harapan baru dari sekian juga penduduk bumi. Harapan bagi siapapun yang sadar akan pentingnya sebuah harapan untuk tetap bersemangat dalam menjalani hidupnya.

Harapan yang akan memompa diri, pikiran dan jiwanya untuk mengeksplorasi begitu banyak potensi yang telah diitipkanNya kepadanya. Potensi luar biasa dimana setiap orang memiliki keunikannya masing-masing. Manusia adalah spesial, maka sudah seharusnya jika ia menghasilkan sesuatu yang spesial pula. Menjadi spesial berarti tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan juga ada manfaat yang terdistribusikan untuk banyak orang.

Tahun 2013 saya lalui dengan begitu banyak peristiwa penting dalam hidup saya. Mengawali dengan perencanaan yang ternyata masih banyak yang belum terealisasi. Lha, namanya juga rencana bay... iya sih, sadar sepenuhnya akan hal itu. Walaupun bagaimanapun juga, bisa berarti banyak hal terhadap ketidak tercapaian impian atau planning yang sudah disusun di awal tahun 2013.

Penyebabnya bisa jadi planning yang dibuat terlalu muluk-muluk sehingga menjadi sulit terealisasikan, bisa jadi juga kurangnya komitmen yang kuat untuk mewujudkan planning-planning tersebut. Untuk sebuah tujuan yang menyemangati dan memberikan sebuah pelajaran, saya memilih untuk memberikan penekanan pada kurangnya sebuah komitmen untuk mewujudkan planning-planning tersebut.

Karena memang mimpi tak seharusnya dikoreksi. Namanya juga mimpi, biasanya muluk-muluk, dan itulah sifat alami mimpi, terkait dengan imajinasi. Maka kalau ada mimpi yang pada akhirnya tidak terealisasi, tetap saja catatan mimpi-mimpi itu bermanfaat. Manfaat minimalnya adalah adanya sekumpulan ide yang sudah mulai ditanamkan pada pikiran, untuk berusaha mewujudkannya.

Tahun 2013 berlalu dengan menyisakan rasa penasaran, akan menjadi seberapa hebat dan seberapa besar saya ketika saya lebih serius dan komitmen dengan semua planning dan rencana up-grading diri yang tertata dengan baik. Yup, dengan tambahan sumber daya baru, keberadaan partner hidup, insya Allah...

Anyway, telah banyak anugerah yang diberikanNya selama 2013. Tak ada kata lain, kecuali bersyukur atas semuanya. Syukur yang melahirkan sebuah kebahagiaan. Syukur untuk mengingatkan bahwa tak ada satupun hal yang kita alami di dunia ini yang luput dari campur tangannya. Syukur bahwa kalau kita lihat bahwa capaian selama 2013 ini dibagi dalam beberapa aspek, tetap ada aspek-aspek yang mengalami peningkatan. Syukur bahwa diri semakin sadar untuk lebih mengoptimalkan segenap potensi yang dititipkan untuk sebanyak mungkin kemanfaatan

No comments:

Post a Comment