Wednesday, January 1, 2014

Modeler


Because I’m a modeler
I like together information
Yes cause I’m a modeler
I like together information

I look for behavior structure
Than I can..
Re order it or utilize it or install it
Because I’m a modeler

Sepenggal lagu di atas adalah penggalan dari lagu milik grup band moonrever "Modeler".  Lagu yang bagi saya sangat memberikan inspirasi, mengajarkan bahwa pada dasarnya setiap orang sudah memiliki sumber daya yang diperlukannya untuk mencapai apapun yang dia inginkan. Sumber daya itu bisa berasal dari internal, bisa juga berasal dari sisi eksternal.

Dalam lagu di atas, seakan ingin menyampaikan kepada kita bahwa "bersahabatlah" dengan informasi apapun yang sampai kepadamu. Berasal dari mana saja? Bisa jadi dari pengalaman apapun yang kita pernah alami.  Baik itu pengalaman yang membahagiakan maupun menyedihkan (walaupun sedih dan bahagia itu juga sangat personal) yang pernah dialami sendiri. Bisa juga bisa dari pengalaman orang lain yang telah mencapai capaian tertentu dimana capaian yang telah dia capai adalah capaian yang juga kita inginkan. 

Ambil contoh kalau kita ingin menjadi sosok yang percaya diri. Kita bisa akses seluruh pengalaman pecaya diri yang pernah kita alami, maupun dari pengalaman orang lain yang kita nilai cukup memiliki tingkat percaya diri yang baik. Karena setiap keberhasilan itu memiliki pola. Demikian juga dengan kondisi percaya diri. 

Kalau kita ingin mengambiil dari pengalaman sendiri, maka tinggal mengingat lagi seluruh pengalaman percaya diri yang pernah kita alami sebelumnya. Lihat, bayangkan, dengarkan, rasakan bagaimana kondisi di sekitar kita saat dalam kondisi percaya diri itu. Pahami polanya, lalu ambil, gunakan dan install dalam diri kita. 

Kalau kita ingin mengambil dari pengalaman orang lain, berarti kita perlu pelajari biografinya, kita perlu lebih mengenal mengenai belief apa saja yang ia miliki terkait aspek percaya diri. Usaha apa saja yang telah dia lakukan sehinggal dia bisa menjadi sosok yang begitu percaya diri. Kemudian prosesnya sama, kumpulkan, gunakan, dan install dalam diri kita. 

Belajar tentang memodel, membuat kita akan ngeh dalam melihat sebuah peristiwa atau kejadian yang kita alami. akhirnya kita tidak hanya menilai dari yang tampak secara lahiriah, tetapi juga mau mempelajari bagaimana struktur di baliknya. Sehingga dengan mudah kita temukan pelajaran, hikmah-hikmah baru yang menjadikan kita semakin nikmati  hidup ini.

No comments:

Post a Comment