Saturday, December 22, 2012

Catatan Khusus di Hari Ibu


Hari ini... 22 Desember 2012, sebuah hari yang dikenal sebagai Hari Ibu... 
Entah dari mana juga asal muasalnya... dan walaupun juga kalau menurut saya every day adalah hari ibu... karena semasa beliau masih hidup... sepenglihatan saya.. selalu ada pekerjaan rumah yang harus beliau selesaikan,, tak peduli apakah itu hari libur atau bukan hari libur..
Selain itu, sebagai anak...saya juga mewajibkan diri saya (insya Allah) untuk selalu ada lantunan doa bagi orang tua setiap harinya, sebagaimana beliau berdua juga selalu mendoakan putera-puterinya..

Well..tapi okelah.. karena memang sudah disepakati secara umum bahwa tanggal 22 Desember 2012 adalah hari Ibu, maka hari ini pun pas saya di rumah... saya juga mengucapkan secara langsung kepada Ibu saya.."Ibu.. selamat ya.. hari ini adalah hari ibu, terima kasih untuk semua yang telah ibu berikan" kata saya tadi sambil memeluk beliau. Mendengar saya mengucapkan seperti itu, beliau tersenyum, lalu berkata dengan bercanda " Lho..iya ya? Lha kalau begitu mana hadiahnya?" kata beliau. Saya pun menjawab "Ibu memang ingin minta hadiah apa?", sambil saya membatin saat itu.. (Ya Allah...betapa saya belum bisa memberikan apapun untuk membalas semua kebaikanmu ibuku sayang..). "Hehe... (sambil tersenyum).. ini saja, mumpung kamu di rumah lumayan lama, hadiahnya bantu ibu bersih-bersih rumah aja ya, Ibu udah seneeeeng banget deh"kata Ibu saya. "Baiik ibu, siaaaaap" jawab saya sambil masih membatin (Ya Allah mohon mudahkan saya untuk bisa terus membahagiakan beliau..).

Langsung saja saat itu saya kerjakan semua yang terkait dengan bersih-bersih rumah, dari mulai menyapu, membersihkan kaca, dll. Dan saat ibu saya melihat saya melakukan itu... Ah..subhanallaaah.. beliau tersenyum gembiraa sekali...sambil mengucapkan "Terima kasih ya sayaaang". Saya pun bisa tertawa kecil saaat melihat ekspresi beliau. Entahlah, saat itu saya merasa bahagiaaa sekali, sambil terus saya selesaikan aktivitas saya saat itu.

Begitu banyak moment sederhana tapi bermakna hari ini. Menemani beliau saat beliau bercerita, saat beliau makan. Membuat beliau tertawa dengan candaan saya. Sekedar memijit untuk mengurangi lelah beliau. Sekedar membantu mengangkat jemuran kasur Ah...bagi saya mungkin itu hal yang belum ada apa-apanya dibandingkan apa yang telah beliau berikan selama ini. Tapi dari apa yang beliau sampaikan, bisa bertemu anaknya, bisa bercerita dan ada yang mendengarkan, ternyata itu sudah memberikan kebahagiaan tersendiri bagi beliau. Paling tidak itu menurut ibu saya, yang barangkali juga tidak bisa disamakan juga dengan orang tua yang lain.

Beliau tidak pernah meminta apapun. Saat anaknya bahagia, saat itu juga beliau bahagia. Bagi beliau, bisa memberikan perhatian yang terbaik bagi putera-puterinya, itu adalah kepuasan dan kebahagiaan tersendiri bagi beliau. Beliau memfokuskan diri pada apa yang bisa aku berikan? Doa apa lagi? Perhatian apa lagi? Beliau berfokus kepada memberi. Bagi beliau saat anak-anaknya menjadi anak yang baik, maka beliau hanya berharap, itu bisa jadi investasinya kelak di akhirat, tak muluk-muluk, sederhana saja.
Benarlah kata sebuah lirik lagu...
Kasih Ibu kepada Beta
Tak Terhingga Sepanjang Masa
Hanya Memberi, Tak Harap Kembali
Bagai Sang Surya Menyinari Dunia

Terima kasih Ibu untuk semua perhatianmu...
Terima kasih telah mengajarkan kepada anakmu ini makna Cinta yang sebenarnya
Terima kasih atas semua doa dan dukunganmu yang tak pernah henti engkau berikan kepada anak-anakmu
Terima kasih atas senyuman dan nasehat pembangkit semangat tatkala diri ini sedang terbaring..

Ya Allah...betapa hamba sangat bersyukur untuk anugerahmu berupa orang tua yang keduanya sangat menyayangi hambamu ini...
Ya Allah...betapa hamba sadar bahwa hamba belum bisa memberikan banyak hal untuk membalasa kebaikan beliau berdua...
Ya Allah...ampuni dosa kedua orang tua hamba...sayangilah beliau berdua sebagaimana beliau berdua menyayangi hamba dari semenjak kecil hingga hamba sudah dewasa seperti ini...
Izinkan hamba untuk terus mendoakan beliau... Izinkan hamba untuk bisa membahagiakan beliau ya Rabb...
Berikanlah nikmat sehat kepada kedua orang tua hamba...
Limpahkanlah kebahagiaan kepada beliau berdua...
dan khusus untuk Ibu hamba ya Allah...
Berikanlah balasan yang terbaik atas semua perhatian dan kasih sayang yang telah beliau berikan dari semenjak hamba di kandungan sampai sekarang ini...
Kabulkanlah harapan-harapan beliau ya Allah...
Jadikan beliau hambaMu yang mulia .. yang Engkau kasihi... yang Engkau jaga...
Jaga lisan hamba agar jangan sampai menyakiti beliau...
Lindungi selalu beliau ya Allah...berikah selalu berkahMu...ridhoMu.. agar di sisa usia beliau...selalu terjaga kedekatan beliau denganMu..

Aamiin.. Ya Rabbal Aaalamiin...

My Lovely Mother and My Lovely Sister
#untuk adekku tercinta, semoga kelak Engkau bisa menjadi ibu yang mulia, untuk keluargamu, untuk anak-anakmu kelak, aamiin

2 comments:

  1. kapan ada hari ayah atau hari kakak gitu ya, biar bisa membalas tulisan ini..hihi

    ReplyDelete