Sunday, June 30, 2013

Kembali Kepada Niat

Segala amal perbuatan kembali kepada niatnya.
Salah satu perkataan mulia yang barangkali pernah kita dengar atau kita baca. Yah, niat memang memegang peranan penting dalam memberikan nyawa  dalam setiap aktivitas yang kita lakukan.

Seperti kita ketahui bersama, selalu ada maksud mengapa Tuhan menciptakan kita di dunia ini. Dalam sebuah firmanNya dikatakan "dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk menyembahKu". Sebuah pernyataan yang sangat jelas dariNya bahwa apapun yang manusia lakukan di dunia ini, seharusnya selalu menuju kepadaNya, bukan kepada yang lain.

Untuk selalu membuat kita ngeh tentang hal ini, maka kita perlu membiasakan diri kita untuk mengasah kesadaran kita dalam mensetting mengenai intensi atau niat ini. Oke, mari kita mulai dari hal sederhana terkait ibadah kita. Misalkan saja kita berdoa, boleh memang kita berdoa karena niatnya ingin meminta sesuatu. Namun alangkah indahnya saat kita berdoa dengan menyadari bahwa yang namanya doa itu adalah perintahNya (Maka berdoalah kepada-Ku , niscaya akan kuperkenankan bagimu). Jadi niatnya bigimina sebaiknya? Bisa jadi seperti ini , bismillah.. Ya Allah...karena Engkau memerintahkan saya untuk berdoa, maka saya akan berdoa dalam rangka menjalankan perintahMu ini. Lalu.... berdoa...

Contoh lain apalagi? Misalnya kita mau sholat. Tidak salah memang saat kita mau sholat itu karena ingin mendapatkan ketenangan dan sebagainya. Namun akan lebih baik saat kita sadar dengan meniatkan seperti ini. Ya Allah engkau memerintahkan hamba untuk sholat, sehingga saya jalankan ini dalam rangka menjalankan perintahMu. Mengenai efek setelah sholat kita menjadi tenang damai dan bahagia, itu adalah efek dan merupakan konsekuensi dari niat yang telah kita sampaikan.

Yang lainnya? Mari kita lanjutkan esok harii.... :)

No comments:

Post a Comment