Sunday, June 2, 2013

Seri Syukur (1) : Menjaga Kesehatan

Sudah kita pahami bersama bahwa orang hidup ini selayaknya tukang parkir. Kalau tukang parkir tugasnya adalah menjaga titipan motor atau mobil dari pemiliknya. Sedangkan kita sebagai manusia, tugasnya adalah menjaga titipan atau amanah dari Allah sebaik-baiknya. Apa saja itu? Banyak sekali, salah satunya adalah titipanNya berupa tubuh ini. Lalu bagaimana cara menjaga dan mensyukurinya?

Tidak lain tidak bukan adalah dengan cara merawatnya dengan baik. Selain itu dengan mempergunakannya sebagaimana mestinya untuk sebuah niatan kebaikan. Kedua hal ini saling terkait menurut saya. Tubuh tanpa dirawat dengan baik tidak akan sehat dan otomatis ketika tidak sehat maka fungsinya untuk bisa bermanfaat sudah pasti berkurang. Pun demikian juga saat tubuh kita terawat dengan sangat baik, tetapi kemudian tidak dipergunakan untuk sebuah kebaikan, maka itu juga berarti titipanNya tersebut belum dijaga dengan baik. 

Tidak ada pengecualian usia mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan kedua hal tersebut di atas. Bahkan ketika sedari muda atau bahkan kecil membiasakan untuk menjaga keduanya, tentu akan lebih baik lagi. Menjaga pola makan, menjaga pola istirahat, rutin olah raga adalah beberapa diantaranya yang bisa kita lakukan untuk menjaga titipanNya berupa tubuh ini. Ibarat kata, inilah nutrisi fisik yang kita perlukan. Kemudian diseimbangkan lagi dengan asupan-asupan ilmu pengetahuan untuk nutrisi fikir kita. Kemudian melakukan aktivitas seperti berdzikir, sholat, sedekah dsb sebagai nutrisi batin kita. 

Saat nutrisi fisik, pikir, dan batin sudah terkontrol dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah menyadari betul bagaimana seharusnya tubuh dipergunakan untuk menebarkan sebanyak mungkin kemanfaatan bagi sekitarnya. 

#Ketika saya menuliskan artikel ini, sekaligus saya juga berkomitmen untuk menjaga rutinitas olah raga setiap hari dan cukup minum air putih serta mengatur pola makan dan istirahat dengan baik dan penuh kesadaran(tidur tidak melebihi jam 11 malam, kecuali ada acara insidental yang memang mengharuskan sampai malam)

Dan semoga video yang sungguh inspiratif ini semakin menguatkan kesadaran kita semua untuk menjaga amanahNya dengan sebaik-baiknya. Senantiasa bersyukur agar semakin ditambahkan nikmatNya kepada kita semua.


No comments:

Post a Comment