Thursday, October 24, 2013

Lotis Al Hikmah



Suatu hari saya membeli lotisan buah di penjual lotis yang berjualan di dekat rumah. Saya pesan bumbu yang tidak terlalu pedas alias sedang. Bumbunya apa? Seperti bumbu-bumbu lotis biasanya, ada gula merah, ada garam, ada cabe, ditambah cairan asam. Kebetulan ini hidung lagi agak meler juga, hehe...sengaja untuk mendapatkan lebih banyak vitamin dari buah-buahan juga pedesnya cabe di bumbunya.

Sampai di rumah, bungkusan lotis pun saya gelar. Potongan buah-buahnya saya letakkan di mangkuk plastik, sementara bumbunya saya masukkan di mangkuk yang lain. Sambil buka laptop dan menulis di blog, lotisan buah ini saya jadikan teman untuk menghasilkan ide-ide untuk tulisan saya. 

Setelah beberapa saat, saya amati di mangkuk yang ada gulanya ternyata sudah ada beberapa semut yang datang. Awalnya hanya sedikit, jadi saya biarkan saja mereka, toh hanya sedikit. Tak berapa lama setelah saya biarkan, eh ternyata jumlah semutnya tambah banyak. Melihat semut yang semakin banyak, timbul niat dari dalam hati untuk membersihkan semut-semut ini dari mangkuk saya. Mereka udah ganggu saya makan, lebih baik disingkirkan saja ini para semut, batin saya saat itu.

Namun demikian, niat itu akhirnya saya urungkan. Saya justru tertarik mengamati perilaku para semut yang tampak asyik menikmati sambal gula yang ada di sana. Beberapa saat mengamati, tiba-tiba saja muncul sebuah insight baru, hmm... tadi ane berpikir kalau keberadaan semut-semut ini udah gangguin ane makan, padahal ini sebenernya siapa diganggu siapa. Pan bisa jadi juga semut-semut ini udah ada lebih dulu sebelum ane mindahin meja kerja ke tempat ini. Bahkan bisa jadi para semut ini udah menempatin ini lokasi sebelum rumah ini dibangun. Wah, kalau misalnya begitu skenarionya, berarti bukan nih semut dong yang ganggu ane, tapi justru ane yang gangguin ini kenyamananan tidur siang para semut. Ya iya kan, saat ane pindahin meja pasti suaranya kenceng banget buat mereka. Pantes aja mereka bangun, nah liat makanan, ya dimakanlah.

Subhanallah dah, dialog ini sungguh mencerahkan saya. Saya yang tadinya pengen ngusir itu para semut, justru bilang seperti ini (sambil terus ngeliatin semutnya) ya udah deh semut, kita makan bareng aja kalau gitu ya. Anggap aja ini permintaan maaf dari saya untuk teman-temanmu. Huehehe....semoga aja semutnya pada dengerin yah.

Anyway, memang benar bahwa kita bisa jadikan apapun atau siapapun yang kita jumpai dalam hidup ini sebagai guru kita. Bahkan dari semut pun, kita bisa belajar sesuatu. Alhamdulillaah... terima kasih Allah, atas kebaikan berupa hikmah yang Kau sampaikan.

Keep Sharing!!

No comments:

Post a Comment