Monday, February 10, 2014

Mobil Kehidupan



Seperti halnya dengan peralatan bermesin lain, mobil pun memiliki struktur tertentu di dalamnya. Struktur yang memungkinkan mobil tidak hanya difungsikan sebagai pajangan saja, melainkan juga berfungsi sebagai alat transportasi yang bermanfaat.

Struktur yang sederhana, sebuah mobil, pasti memiliki pedal gas, pedal kopling dan juga pedal rem. Sebuah mobil juga memiliki tangki untuk menyimpan bahan bakar, dengan daya muat tangki yang berbeda-beda, dengan jenis bahan bakar yang berbeda-beda pula. Ada mobil yang berbahan bakar bensin, ada yang berbahan bakar pertamax, ada pula yang berbahan bakar solar. 

Bentuk mobil pun berbeda-beda. Ada yang disebut mobil sedan, tumpangan nyaman untuk penumpang dalam jumlah kecil. Ada yang berjenis jeep yang biasanya untuk jalan-jalan yang tidak rata atau untuk lomba offroad. Ada juga mobil berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) atau SUV (Sport Utility Vehicle) dan masih banyak lagi.

Saat di perjalanan, untuk menggerakkan mobil membutuhkan injakan di pedal gas. Ketika mobil bergerak terlalu kencang, kita membutuhkan untuk menginjak pedal rem. Saat jalan menanjak atau kita ingin menambah kecepatan mobil yang kita kendarai, kita membutuhkan menginjak pedal persnelling atau kopling untuk memidahkan gigi mobil. Nah, saat melakukan perjalanan yang amat jauh, mobil pun perlu sejenak diistirahatkan. Sekedar untuk mendinginkan mesin dan juga mengisi kembali bahan bakar yang barangkali sudah mulai habis. Sejenak berhenti untuk membersihkan kaca depan yang mulai terlihat kotor agar kita bisa memandang perjalanan dengan lebih jelas.

Ah,…kok hampir sama ya dengan perjalanan kita sebagai manusia…
Anda sudah temukan hubungannya?
Enjoy!!!!

No comments:

Post a Comment